Lima Oleh-oleh Wajib Dibawa Pulang Saat Liburan ke Belanda

Lima Oleh-oleh Wajib Dibawa Pulang Saat Liburan ke Belanda

\"\"Belanda, BE - Sebagai negara yang sering dikunjungi wisatawan, Belanda memang pantas dijadikan sebagai pintu gerbang bagi wisatawan yang hendak mengenal Eropa lebih dalam. Banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di Belanda, termasuk Desa Kinderdijk, yang terkenal dengan 1000 kincir anginnya. Selain itu, Belanda juga menjadi ‘surga’ bagi pecinta keju, karena ada begitu banyak jenis keju yang dihasilkan oleh Negeri Kincir Angin ini.

Nah, buat kamu yang berencana liburan ke Belanda dan masih sibuk mengecek harga tiket pesawat KLM, jangan lupa untuk mencari tahu oleh-oleh khas Belanda apa saja yang bisa dibawapulang ke Tanah Air. Ada banyak suvenir menarik yang bisa kamu jadikan buah tangan saat berkunjung ke tempat-tempat wisata di Belanda. Apa saja?

1. Klompen

Klompen mungkin jadi benda paling dicari wisatawan saat liburan ke Belanda. Bagaimana tidak, klompen atau sepatuk ayu khas Belanda ini merupakan barang ikonik yang juga menjadi identitas Negeri Kincir Angin. Tak hanya cantik sebagai pajangan, klompen juga bisa dipakai untuk kegiatan sehari-hari, loh. Kamu bisa menemukan klompen yang seukuran kaki orang dewasa.

Sepatu kayu ini juga didesain dengan warna dan corak yang sangat cantik sehingga membua tsiapa pun yang melihat tergiur untuk membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Harga sepasang sepatu klompen sekitar 10 hingga 20 Euro atau setara Rp 167 ribu sampai Rp 334 ribu.

2. Miniatur kincir angin

Liburan ke Belanda rasanya kurang lengkap tanpa membawa pulang miniatur kincir angin. Di Belanda sendiri, kincir angin tak hanya sebagai ikon negara, tetapi juga sangat berguna untuk drainase. Tak heran jika keberadaan kincir angin begitu penting bagi masyarakat setempat.

Miniatur kincir angin bisa kamu temukan dengan mudah di seluruh tempat wisata di Belanda. Harga untuk satu buah miniatur kincir angin ini dibanderol mulai dari 8 Euro atau setara Rp 85 ribu.

3. Keju Leiden

Kamu pecinta keju? Jangan lupa untuk membawa pulang keju Leiden khas Belanda. Seperti yang kitat ahu, Belanda memang dikenal sebagai surganya keju. Tak heran kalau ada begitu banyak jenis keju yang bisa kamu temukan di sini. Bahkan, di kawasan Alkmarter terdapat sebuah museum keju yang diberi nama Holland Kaas museum. Di dalam museum ini kamu bisa melihat peralatan tradisional pembuat keju. Ada pula rekaman video tentang pembuatan keju di masa lalu.

Perbedaan keju Leiden dengan keju lainnya terletak pada penambah jinten sehingga menambah rasa dan aroma pada keju itu sendiri. Hampir semua toko keju di Belanda menjual jenis keju satu ini. Biasanya, keju Leiden dibanderol dengan harga sekitar Rp160 ribuan.

4. Stroopwafel

Oleh-oleh selanjutnya yang bisa kamu bawa pulang saat liburan ke Belanda adalah stroopwafel. Sesuai namanya, snack khas Negeri Kincir Angin ini merupakan jenis wafel renyah yang ditumpuk kemudian di bagian tengahnya diberi semacam sirup. Stroopwafel terbuat dari adonan tepung, susu, gula, telur, dan kayu manis. Penggunaan kayu manis yang cukup banyak membuat aroma dan rasa kayu manis sangat dominan.  Stroopwafel sangat cocok dijadikan teman pendamping minum teh dan kopi.

5. Bunga tulip

Selain kincir angin, Belanda juga terkenal dengan bunga tulipnya yang subur. Terdapat sejumlah lokasi untuk menikmati keindahan bunga tulip di Belanda antara lain, taman Keukenhof, Amsterdam, Noordoostpolder, Lise, dan Noordwijkerhout. Jika ingin membawa bunga tulip sebagai cenderamata, kamu bisa memilih bunga tulip kering atau bunga tulip yang terbuat dari kayu. Nantinya, kamu bisa menjadikan Bunga tulip ini sebagai pajangan di rumah. Itulah tujuh rekomendasi oleh-oleh khas Negeri Kincir Angin yang bisa kamu jadikan buah tangan saat melancong ke Belanda. Jadi, kapan  kamu mau merencanakan liburan ke Belanda? (Rls)/**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: